Pages

Subscribe:

Rabu, 09 November 2011

MICROSOFT OFFICE ACCESS


MICROSOFT OFFICE ACCESS
Microsoft office access adalah salah satu software/program untuk mengolah database yang canggih dan terpercaya, baik itu keamanan maupun kemudahannya. Segala metode yang digunakan untuk mengolah berbagai jenis data dibuat dengan sangat mudah. Mulai dari membuat tabel, merelasikan, dan menambah ataupun menghapus data. Semuanya sudah tersedia menjadi satu dalam software ini.
Beberapa kemudahan yang bisa kita diperoleh jika bekerja dengan microsoft Access diantara dapat melakukan proses penyortiran pengaturan data, pembuatan label data serta laporan pembuatan data kegiatan sehari-hari misalnya untuk menampung daftar pelanggan, pendataan data karyawan, dan lain sebagainya. Access juga dapat digunakan sebagai sebuah basis data untuk aplikasi Web dasar yang disimpan di dalam server yang menjalankan Microsoft Internet Information Services (IIS) dan menggunakan Microsoft Active Server Pages (ASP).
Sekilas tentang sejarah, Versi, Penggunaan dan Fitur Microsoft Acces
Sejarah
Microsoft merilis Microsoft Access 1.0 pada bulan November 1992 dan dilanjutkan dengan merilis versi 2.0 pada tahun 1993.
Nama kode (codename) yang digunakan oleh Access pertama kali adalah Cirrus yang dikembangkan sebelum Microsoft mengembangkan Microsoft Visual Basic, sementara mesin pembuat form antarmuka yang digunakannya dinamakan dengan Ruby.  Hal tersebut berakhir saat Microsoft merilis Visual Basic for Applications (VBA).
Versi
Berikut versi dari Microsoft Access dari mulai pertama kali dirilis hingga sekarang :
1.      Microsoft Access 1.1
2.      Microsoft Access 2.0
3.      Microsoft Access for Windows 95
4.      Microsoft Access 97
5.      Microsoft Access 2000
6.      Microsoft Access 2002
7.      Microsoft Access 2003
8.      Microsoft Office Access 2007
9.      Microsoft Office Access 2010
Penggunaan
Microsoft Access digunakan kebanyakan oleh bisnis-bisnis kecil dan menengah, di dalam sebuah organisasi yang kecil bahkan mungkin juga digunakan oleh perusahaan yang cukup besar, dan juga para programmer untuk membuat sebuah sistem buatan sendiri untuk menangani pembuatan dan manipulasi data. Access juga dapat digunakan sebagai sebuah basis data untuk aplikasi Web dasar yang disimpan di dalam server yang menjalankan Microsoft Internet Information Services (IIS) dan menggunakan Microsoft Active Server Pages (ASP). Meskipun demikian, penggunaan Access kurang disarankan, mengingat telah ada Microsoft SQL Server yang memiliki kemampuan yang lebih tinggi.
Beberapa pengembang aplikasi profesional menggunakan Microsoft Access untuk mengembangkan aplikasi secara cepat (digunakan sebagai Rapid Application Development/RAD tool), khususnya untuk pembuatan purwarupa untuk sebuah programyang lebih besar dan aplikasi yang berdiri sendiri untuk para salesman.
Fitur
Salah satu keunggulan Microsoft Access dilihat dari perspektif programmer adalah kompatibilitasnya dengan bahasa pemrograman Structured Query Language (SQL); query dapat dilihat dan disunting sebagai statemen-statemen SQL, dan statemen SQL dapat digunakan secara langsung di dalam Macro dan VBA Module untuk secara langsung memanipulasi tabel data dalam Access. Para pengguna dapat mencampurkan dan menggunakan kedua jenis bahasa tersebut (VBA dan Macro) untuk memprogram form danlogika dan juga untuk mengaplikasikan konsep berorientasi objek.
Bahasa pemrograman yang tersedia di dalam Access adalah Microsoft Visual Basic for Applications (VBA), seperti halnya dalam beberapa aplikasi Microsoft Office. Dua buah pustaka komponen Component Object Model (COM) untuk mengakses basis data pun disediakan, yakni Data Access Object (DAO), yang hanya terdapat di dalam Access 97, dan ActiveX Data Objects (ADO) yang tersedia dalam versi-versi Access terbaru.

Demikian tadi sekilas tentang pengertian, sejarah maupun fitur dari Microsoft Access yang bisa saya sajikan. Untuk selanjutnya Saya akan sedikit membagi Ilmu tentang Microsoft Access yang saya tahu dan saya pelajari semoga bisa bermanfaat bagi teman – teman semua dan sebelumnya atas segala kekurangannya saya mohon maaf. Kali ini saya akan membahas tentang Membuat database dengan MS Access 2007.




MEMBUAT DATABASE DENGAN MS ACCESS 2007

Di sini saya akan menshare bagaimana cara membuat database menggunakan Microsoft Office Access 2007.  

Database adalah kumpulan informasi yang disimpan di dalam komputer secara sistematik sehingga dapat diperiksa menggunakan suatu program komputer untuk memperoleh informasi dari basis data tersebut.



Langkah-langkahnya sebagai berikut :

1. Pastikan ms office sudah anda install 
2.  Pilih Ms access 2007
3. Setelah anda Open Ms access tadi maka pilih blank Database





4. kemudia akan tampil tampilan





5. Kemudian buka file name tadi seperti gambar di atas, akan muncul form lagi
buat folder kemudian pilih format file. setalah sudah di pilih tinggal klik ok


6. Pilih Create


7. Pilih table1, klik kanan pilih design view isi nama table: misalnya (club)


8. kemudian isi table dengan berapa field yang anda inginkan, misalnya seperti ini





9. Di sini saya menggunakan 7 field (no, arsenal, Real Madrid, Chelsea, Barcalona, MU, Valencia). ganti field sizenya pada field Properties sesuai Keingginan anda


10. Klik table (club) pilih open Isi Field dengan bebera Record





11. kemudian Save. liat hasilnya di mana anda menyimpan file tersebut.


12. Selesai .
di sini anda sudahmempunyai database nama - nama fans dari beberapa club

0 komentar:

Posting Komentar